Recents in Beach

Cara Membuat Alat Steam atau Sterilisasi Baglog

Alat Steam atau Sterilisasi Baglog/media serbuk kayu memang beragam bentuk, cara dan tentu saja harganya. bagi para pemula yang baru terjun ke dunia budidaya jamur terkadang bingung bagaimana dan seperti apa sistem kerja alat sterilisasi baglog apalagi bagi pemula yang otodidak atau belum pernah melihat langsung pengoperasian alat steam tersebut, seperti saya contohnya, terkadang sulit untuk memulai bagaimana cara membuat alat steam atau sterilisasi

Di artikel ini saya akan membagikan pengalaman saya tentang cara membuat alat steam/sterilisasi yang terbuat dari drum bekas.

Pertama-tama siapkan Drum bekas yang dapat di beli di toko bangunan atau bisa anda dapatkan di tempat penampungan (Agen Minyak).
untuk harga drum bekas ditempat saya Rp.170.000 / buah dan di dapat dari toko bangunan

Potong Bagian Atas drum menggunakan mesin gerinda/pemotong lainnya dan pada dasar drum di beri sarangan seperti gambar di bawah .





Bagian dasar drum di beri sarangan dengan ketinggian 15cm dari dasar drum.
air yang saya gunakan untuk mensterilisasikan hanya satu ember cat besar ukuran 20kg.

ke dua susun baglog seperti ini



Bagaimana? mudah bukan? biaya yang dikelarkan untuk membuat alat steam seperti ini sangat murah
1. Drum Bekas Rp. 170.000,-
2. Jasa Pemotongan drum Rp. 20.000,-

Jadi total cost yang di keluarkan untuk membuat alat steam sederhana ini hanya Rp. 190.000,- saja.

Salam sukses